STRUKTUR PEMERINTAHAN UMUM DAN LEGISLASI

STRUKTUR PEMERINTAHAN UMUM DAN LEGISLASI

Oleh: Afrizal Woyla Saputra zaini

A. Struktur Pemerintahan Umum

Struktur pemerintahan umum, menurut Montesquieu yang lebih populer  trias political dalam lembaga kekuasan terdiri dari Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif. Ketiga lembaga tersebut berperan untuk mengatur kehidupan bersama dalam suatu negara. Funsi eksekutif adalah merupakan pelaksana undang-undang atau pemegang kekuasaan , legislatif fungsinya yaitu membuat undang-undang, mengatur anggaran,dan mengawasi atau mengontrol kinerja eksekutif, sedangkan yudikatif adalah  berperan penegak keadilan dan hukum-hukum.

Eksekutif adalah memegang kekuasaan dan menjalankan Undang-undang dalam suatu negara, seperti Presiden atau Perdana Menteri, secara legal menjalakan tugasnya, Presiden atau Perdana Menteri membektuk para menteri yang dipilih dari partai berkuasa atau orang orang ahli dan kebanyakan yang berada dalam the House of Commons, serta harus orang-orang yang menyetujui segala kebijakan pemerintah secara umum. Para menteri senior, kurang lebih berjumlah sekitar 20 sampai 40 orang, mereka merupakan komposisi dari kabinet. Secara kolektif, para menteri bertanggung jawab atas semua keputusan yang dibuat kabinet kepada parlemen. Sedangkan secara individu, menteri-menteri tersebut bertanggung jawab kepada parlemen atas kinerja departemen mereka masing-masing.

Legislatif merupakan cabang kekuasaan yang dianggap paling mencerminkan kedaulatan  rakyat karena lembaga inilah yang berkuasa membuat dan menetapkan peraturan bersama hal yang paling pertama dibutuhkan dalam kegiatan bernegara, yaitu mengatur kehidupan bersama, di Negara demokrasi legislatif juga dilih oleh rakyak untuk menjalankan amanah rakyatnya sendiri.

Terciptanya tatanan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, di mana rakyat bisa memperoleh kepastian hukum, rasa keadilan, rasa aman, dan dijamin hak-hak asasinya. Maknanya adalah rasa keadilan yang kembali kepada rakyat, bukan kepada kekuasaan dan para penguasa yang menciptakan hukum. “pour qu’on ne puisse abuser de pouvoir, par la disposition de choses, le pouvoir arrete de pouvoir”, artinya: agar kekuasaan itu tidak digunakan secara sewenang-wenang, maka menurut Montesquieu, kekuasaan yang satu membendung kekuasaan yang lain. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya sebuah cabang kekuasaan yang berfungsi sebagai pengadil atas penyelewengan terhadap aturan-aturan. Cabang kekuasaan yang dimaksud adalah yudikatif atau biasa dikenal sebagai pemegang kekuasaan kehakiman. terciptanya tatanan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, di mana rakyat bisa memperoleh kepastian hukum, rasa keadilan, rasa aman, dan dijamin hak-hak asasinya. Maknanya adalah rasa keadilan yang kembali kepada rakyat, bukan kepada kekuasaan dan para penguasa yang menciptakan hukum.

Untuk terselenggaranya suatu pemerintahan yang benar dan tepat, Ketiga elemen tonggak kekuasaan negara tersebut harus saling  berpengaruh satu sama lain, sehingga kinerja Presiden, DPR, DPD, MPR, Makamah Kontitusi, Makamah Agung, Komisi Yudisial, Badan Pemeriksaan Keuangan, dan Komisi Pemilihan Umum dapat diawasi dengan maksimal.

B. Legislasi

Legislasi adalah membuat undang-undang. Dalam menjalankan fungsi pengaturan (legislasi) ini, setidaknya terdapat tiga hal yang menurut Prof. Jimly Asshiddiqie harus diatur oleh para wakil rakyat. Ketiga hal tersebut ialah:

  1. Pengaturan yang dapat mengurangi hak dan kebebasan warga negara,
  2. Pengaturan yang dapat membebani harta kekayaan warga negara, dan
  3. Pengaturan mengenai pengeluaran-pengeluaran oleh penyelenggara negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: