ILMU PEMERINTAHAN DASAR

ILMU PEMERINTAHAN DASAR

Oleh: Afrizal Woyla Saputra Zaini

 

A. Sejarah Ilmu Pemerintahan

Pada dasarnya ilmu pemerintahan berkembang di Yunani, yang di kenal dengan polis Yunani, kerajaan Inka yang berdiri  sekitar tahun 1200-1500 telah memiliki sistem pemerintahan  yang despotisme yaitu suatu bentuk pemerintahan yang ditandai oleh kekuasaan sewenang-wenang dan ta terbatas dari pihak penguasa.

Awal dari pemerintahan modern di tandai dengan lahirbya kamerralistik (Ilmu pembendaharaan) yang telah berkenbang di Rusia abad ke-18. Landas tolak nya adalah negara harus mengurusi lapangan  pekerjaan dan pangansehingga pada hal itu perlu mengusahakan agar di setiap jabatan yang ada sebanyaknya orang sebagaimana di butuhkan untuk kesejahteraan umum.

Pada bidang ilmu pemerintahan Burke dan Benthan menganjurkan perlu di adakan perbaikan terhadap kelalaian dari dinas pemerintah,kelebihan staf  inaktif dan inkompeten. Ilmu pemerintahan di pengaruhi oleh ilmu-ilmu humaniora (sosiologi, psikologi sosial, antropologi, ekonomi, politikologi) dan di tandai dengan penanganan antar disiplin dan pendayagunaan dari teori-teori, istilah-istilaherta metode-metode dari semua ilmu tadi selain dipercya denagn filsafat. Lahirlah sebuah teori dari pemerintahan liberal  dari John Locke pada tahun 1690 yaitu ajaran tentang pemerintahan demokrasi modern. John Locke memandang kekuasaaan legislatif, sebagi tertinggi dan esksekutif berada di bawawah nya.

Di indonesia sendiri berkembang ilmu pemerintahan pada tahun 1602 oleh kolonial Belanda, sebuah pemerintahan swasta sendiri yaitu VOC atau dipulau jawa dikenal dengan kompeni.

B. Pengertian Ilmu

Bila Seseorang memiliki pengertian (understanding) atau sikap (attitude) tertentu, yang diperoleh dari pendidikan atau pengalaman sendiri, maka oleh banyak orang di Indonesia dianggap yang bersangkutan tahu atau berpengetahuan. Begitu juga bila seseorang memiliki keterampilan atau ketangkasan  (aptitude) yang diperolehnya melalui latihan dan praktek, maka kemampuan tersebut disebut kebiasaan atau kekulinaan. Namun kekulinaan atau kebiasaan ini, selain kerena kebiasaan melakukan sesuatu, juga karena yang bersangkutan sebelumnya tahu bagaimana bagaimana mengerjakannya, karena pada prinsipnya tahu itu adalah tahu mengerjakan (Know to do), tahu bagaiman (know how), dan tahu mengapa (know why) sesuatu itu.

Yang perlu dipertanyakan adalah dimana letaknya ilmu? Ilmu adalah bagian dari pengetahuan, sehingga setiap ilmu sudah pasti pengetahuan, sebaliknya pengetahuan belum tentu ilmu. Ada syarat-syarat yang membedakan ilmu (science) dengan pengetahuan (knowledge), menurut Prof Prajudi dalam bukunya Administrasi dan Manajement Umum, kalau ilmu itu sendiri harus ada objeknya yang khas, terminologinya yang khas, metodologinya yang khas, filosofinya yang khas, dan teorinya yang khas, sedangkan Ilmu pengetahuan adalah kumpulan dari pengalaman dan penetahuan-pengetahuan dari sejumlah orang yang dipandu secara harmonis dalam suatu bagunan yang teratur.

C. Pengertian pemerintahan

Pemerintahan adalah suatu ilmu dan seni. Dikatakan sebagai seni beberapa banyak pemimpin pemerintahan yang tanpa pendidikan pemerintahan, mapu berkiat serta dengan kharismatik menjalankan roda pemerintahan. Sedangkan dikatakan sebagai suatu disiplin ilmu kerena memenuhi syarat-syarat, yaitu dapat dipelajari dan diajarkan, memiliki objek, baik objek material maupun objek formal, universal sifatnya, sistematis serta spesifik (khas).

Pemerintahan berasal dari kata pemerintah, yang paling sedikit adalah “perintah” tersebut memiliki empat unsur yaitu dua pihak yang terkandung, kedua pihak tesebut memiliki hubungan, pihak yang memerintah memiliki wewenang, dan yang pihak yang diperintah memiliki ketaatan.

Apabila dalam suatu negara kekuasaan pemerintahan, dibagi atau dipisahkan maka terdapat pemerintahan dalam arti luas dan pemerintahan dalam arti sempit. Pemerinatahan dalam arti sempit hanya meliputi lembaga yang mengurus pelaksanaan roda pemerintahan (disebut eksekutif), sedangkan pemerintahan dalam arti luas adalah selain eksekutif juga termasuk lembaga yang membuat peraturan perundang-undangan (disebut legislatif) dan yang melaksanakan peradilan yang (disebut yudikatif).

Subtansialnya ilmu pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana menyeimbangkan pelaksanaan kepengurusan (eksekutif), pengaturan (legislatif), kepemimpinan dan koordinasi pemerintahan (baik pusat dengan daerah, maupun rakyat dengan pemerintahnya0 dalam berbagai peristiwa dan gejala pemerintahan, secara baik dan benar.

D. Asal Usul Ilmu pemerintahan

Ilmu adalah ilmu yang mempelajari persoalan-persoalan dalam suatu negara

Diantaranya: rakyat, pemerintahan, kedaulatan, pengakuan, dan wilayah.

E. Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah

1. Sentralisasi pemerintahan

Sentralisasi adalah pemusatan wewenang pada pemerintahan pada pemerintahan pusat dalam hubungan pusat dan daerah. Dengan demikian , masing-masing provinsi dibuat sedemikian rupa seragam, keputusan hanya boleh dibuat oleh pemerintah pusatbahkan karyawan dan buruhpun didatangkan dari pusat.

2. Desentralisasi pemerintahan

Desentralisasi adalah lawan kata sentralisasi, karena pamakaian kata “de” dimaksudakan untuk menolak kata sebelumnya, jadi desentralisasi adalah penyerahan segala urusan, baik peraturan dalam arti pembuatan perundang-undangan, maupun penyelenggaraan pemerintah itu sendiri, dari pemerintah pusat ke pemerinatah daerah, untuk selanjutnya menjadi urusan rumah tangga pemerintah daerah itu sendiri

F. Kesimpulan

Ilmu pemerintahan adalah ilmu yang menelaah tentang persoalan-persoalan dalam pemerintahan itu sendiri baik yang pemerintahan pusat maupun  pemerintahan daerah.

Perihal Afrizal WS Zaini
BIODATA Nama : Afrizal Woyla Saputra Zaini., S.IP Tempat/Tanggal Lahir : Seuradeuk/29 Juli 1990 Agama : Islam Jenis Kelamin : Laki-Laki Nama Orang Tua : - Ayah : Zaini Djambi (Alm) Ibu : Mariyah Alamat di Aceh : Ds. Seuradeuk Kec.Woyla Timur Kab. Aceh Barat Alamat di Malang : Asrama Mahasiswa Aceh, Jl. Bendungan Jatigede No. 03 Telp 0341-576156/HP 085277784400. Malang Pekerjaan : Wiraswasta Fak/Jurusan : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/ Ilmu Pemerintahan Perguruan Tinggi : Universitas Muhammadiyah Malang E-mail : awszaini@yahoo.com Twitter :@afrizalwoyla Riwayat Pendidikan : 1.Sekolah Dasar Negeri Meutulang : 1997-2003 2.Madrasah Tsanawiyah Negeri Peureumeu : 2003-2006 3.Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 6 Meulaboh : 2006-2009 4.Universitas Muhammadiyah Malang : 2009 - 2013 Pengalaman Organisasi : 1. Sekretaris Umum Ikatan Pelajar Pemuda & Mahasiswa Aceh (IPPMA) Malang 2009-2010, dan 2010-2011. 2. Sekretaris Asrama Mahasiswa Aceh Malang 2009-2010. 3. Ketua Panitia Pembangunan Asarama Aceh Malang Anggaran 2010 4. Ketua Umum Angkatan 2009 Jurusan Ilmu Pemerintahan UMM. 5. Ketua Departemen Politik Hukum Dan HAM Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMM 2010 - 2011. 6. Anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat FISIP UMM. 7. Anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat FISIP UMM. 8. Sekretaris Panitia Day Of Tsunami ” Masa Depan Aceh Pasca Tsunami” Tahun 2009. 9. Anggota Paskibraka Kabupaten Aceh Barat Angkatan 63 Tahun 2008. 10. Anggota Nasional Demokrat DPC Kabupaten Aceh Barat.

2 Responses to ILMU PEMERINTAHAN DASAR

  1. ewan mengatakan:

    ohhoho…………….! tq sob

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: